Teacher Diarys Blogger

Post Top Ad

PENGERTIAN, FAKTOR DAN FUNSI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Pasar merupakan tempat bertemunya antara pembeli dan penjual. Pembeli dan penjual mempunyai tujuan dan kepentingan yang berbeda. pembeli mencari barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sedangkan penjual menawarkan barang dagangannya. Pembeli dan penjual memiliki saling keterkaitan hingga keduanya akan merasakan manfaat dari kegiatan transaksi tersebut. Adapun kegiatan transaksi di pasar meliputi kegiatan permintaan dan penawaran.

A. permintaan (demand)

Adanya kebutuhan terhadap satu atau beberapa macam barang yang senantiasa harus dipenuhi setiap orang atau konsumen, melahirkan permintaan. Permintaan banyak jenisnya diantaranya permintaan perorangan dan kolektif. Permintaan perorangan merupakan permintaan yang datang dari individu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun permintaan kolektif merupakan gabungan dari permintaan individu-individu titik permintaan kolektif disebut juga dengan permintaan pasar.

1. Pengertian permintaan
Permintaan adalah jumlah barang dan jasa tertentu yang diminta (dibeli) pada berbagai kemungkinan tingkat harga dan dalam waktu tertentu.

2.Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Permintaan dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut yaitu:
  1. Harga barang substitusi atau komplementer
  2. Pendapatan konsumen
  3. Jumlah penduduk
  4. Selera konsumen
3. Fungsi permintaan
Fungsi permintaan adalah fungsi yang menghubungkan antara harga p dengan jumlah barang yang diminta qd. fungsi permintaan jika dirumuskan dalam bentuk persamaan linear sederhana dapat dinotasikan sebagai berikut
Qd = a - bP
Keterangan:
Qd  = jumlah barang yang diminta
   P = harga barang
   a = konstanta
   b = koefisien
Tanda (-) menunjukkan hubungan negatif antara harga dengan permintaan.

B. Penawaran (supply)

1. Pengertian penawaran
Penawaran adalah keseluruhan jumlah barang yang tersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu.Jika harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah. begitu juga ketika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan juga turun atau semakin sedikit.
Peran penawaran sangat penting dalam dunia ekonomi, karena dapat digunakan sebagai analisa ekonomi mikro. Penawaran juga dapat digunakan sebagai titik tolak bagi berbagai model dan teori ilmu ekonomi lainnya. Dari penawaran akan dapat digunakan sebagai perkiraan harga yang berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta dan kuantitas yang ditawarkan dalam pasar yang kompetitif.

2. Jenis-jenis penawaran
Penawaran secara harfiah adalah perilaku seseorang untuk menawarkan barang atau jasa kepada orang lain. Namun pada ilmu ekonomi, penawaran terbagi menjadi dua yaitu:
  1. Penawaran mikro, yaitu yaitu penawaran jenis ini adalah penawaran perorangan, dimana produsen menawarkan barang atau jasa kepada konsumen
  2. Penawaran makro, pada jenis ini lebih memfokuskan pada kondisi pasar secara menyeluruh
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran:
  • Harga barang
Harga barang menjadi faktor utama besar kecilnya penawaran. Semakin tinggi harga barang maka semakin tinggi pula penawaran yang dilakukan oleh konsumen
  • Jumlah penjual atau produsen
Jika jumlah produsen suatu barang tertentu tinggi maka jumlah penawaran terhadap barang tersebut juga akan tetap tinggi titik misalnya jika suatu daerah menjadi sentra penghasil sepatu titik maka penawaran sepatu di daerah tersebut akan tinggi.
  • Bencana alam
Jika terjadi bencana alam pada suatu daerah penghasil suatu produk. Maka bisa dipastikan bahwa jumlah produksi barang tersebut akan menurun dan mempengaruhi tingkat penawarannya.
  • Harga barang pengganti
Apabila suatu harga suatu barang meningkat maka penawaran terhadap barang pengganti akan mengalami peningkatan karena penjual akan menawarkan barang pengganti sebagai alternatif barang utama yang mengalami kenaikan. Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh terlihat lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh.
  • Biaya produksi
Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya.apabila biaya produksi meningkat maka harga barang-barang diproduksi akan tinggi titik akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit.
  • Kemajuan teknologi
Kemajuan teknologi sangatlah berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesin-mesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak titik dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang kemajuan teknologi menimbulkan dua efek yaitu produksi dan dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah sehingga keuntungannya bertambah tinggi.
  • Pajak
Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika pajak suatu barang menjadi tinggi maka permintaan akan barang berkurang sehingga penawaran juga akan berkurang.
  • Perkiraan harga dimasa depan
Perkiraan harga dimasa datang sangat mempengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik sedangkan penghasilan masyarakat tetap maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya pada saat krisis ekonomi harga-harga barang dan jasa naik sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa karena takut tidak laku.
  • Kebijakan pemerintah dan situasi politik
Kebijakan pemerintah juga mempengaruhi komoditas pasar titik misalnya kebijakan kenaikan Bea cukai atau penghapusan Bea cukai selain kebijakan pemerintah, situasi politik dalam suatu negara juga mempengaruhi penawaran. Jika suatu negara dalam situasi politik yang kritis maka semakin tinggi penawaran pasar. 

Mengetahui faktor penyebab tinggi rendahnya penawaran akan ikut mempengaruhi sebuah perencanaan dalam proses produksi di masa depan. untuk mengetahui perhitungan secara akurat terhadap kemungkinan tersebut, pihak perusahaan juga bisa melihat dari laporan keuangan perusahaan.

4. Fungsi penawaran
Fungsi penawaran adalah fungsi yang menghubungkan antara harga p dengan jumlah barang yang ditawarkan QS. Fungsi penawaran jika dirumuskan dalam bentuk persamaan linier sederhana dapat dinotasikan sebagai berikut:

QS = -a + bP
Keterangan:
Qs = jumlah barang yang ditawarkan
  P = harga barang
  a = konstanta
  b = koefisien
Tanda (+) menunjukkan hubungan positif antara harga dengan penawaran


🙏Thank you For Reading
🌺Hopefully Useful


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad