Teacher Diarys Blogger

Post Top Ad

PERAN PELAKU KEGIATAN EKONOMI

Peran pelaku kegiatan ekonomi

Pemecahan masalah pokok ekonomi tidak terlepas dari pelaku ekonomi. Pelaku ekonomi menggerakkan perekonomian agar berjalan sesuai harapan yaitu pemenuhan kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya kegiatan ekonomi serta pemecahan masalah ekonomi dilakukan oleh empat pelaku ekonomi. Keempat pelaku ekonomi tersebut memiliki peran yang berbeda di dalam kegiatan ekonomi. Adapun peran keempat dari pelaku kegiatan ekonomi tersebut sebagai berikut:

Peran rumah tangga konsumen
Rumah tangga konsumen (RTK) adalah pemilik berbagai faktor produksi yang tersedia dalam perekonomian titik rumah tangga konsumen menyediakan tenaga kerja dan faktor produksi lain seperti tanah dan modal. Peranan rumah tangga konsumen antara lain:
  1. Menyediakan dan menyerahkan faktor-faktor produksi kepada perusahaan RTP untuk kegiatan produksi.
  2. sebagai pemakai konsumen barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Peran rumah tangga produsen atau perusahaan
Rumah tangga produsen atau perusahaan (RTP) memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi berikut ini terdapat beberapa peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
  1. Perusahaan berperan sebagai produsen yaitu menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh rumah tangga keluarga, pemerintah dan masyarakat luar negeri.
  2. Perusahaan berperan sebagai distributor yaitu penyalur barang kepada masyarakat.
  3. Perusahaan berperan sebagai agen pembangunan titik dalam hal ini kegiatan perusahaan tidak hanya mengejar laba tetapi juga ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian dan pengembangan.
Peran rumah tangga negara atau pemerintah
Rumah tangga negara disebut juga pemerintahan titik pemerintah adalah penyelenggara negara yang mengendalikan pemerintah yang berdasarkan undang-undang. Adapun peran pemerintah di dalam kegiatan ekonomi diantaranya, produsen dan investor, sebagai konsumen pengatur, pengontrol, serta pemerintah melakukan berbagai tindakan yang nyata. Adapun peran rumah tangga negara atau pemerintah adalah sebagai berikut:
  1. Pemerintah sebagai produsen dan investor dalam kegiatan ekonomi pemerintah dapat bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak melalui badan usaha badan usaha milik negara. Pemerintah juga dapat bertindak sebagai investor artinya penanam modal baik seluruhnya atau sebagian pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
  2. Pemerintah sebagai konsumen dalam rangka menjalankan tugasnya pemerintah memerlukan berbagai macam barang dan jasa misalnya peralatan kantor dan alat-alat tulis. Barang dan jasa tersebut diperoleh dari produsen.
  3. Pemerintah sebagai pengatur dan pengontrol pengaturan dan pengontrol kegiatan ekonomi oleh pemerintah antara lain dilakukan melalui peraturan dan perundang-undangan serta kebijakan kebijakan pemerintah misalnya kebijakan menurunkan inflasi dan perluasan lapangan kerja. Pemerintah juga melakukan pengawasan terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan RTKn RTP.
  4. Pemerintah melakukan berbagai tindakan nyata dalam kegiatan ekonomi titik misalnya, kegiatan yang bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat seperti pemungutan pajak yang dibayar oleh sektor rumah tangga dan sektor perusahaan.
Peran rumah tangga luar negeri
masyarakat luar negeri adalah kelompok masyarakat, individu atau pemerintah negara lain yang mempunyai hubungan ekonomi seperti ekspor-impor kurs devisa dan lain-lain peranan masyarakat luar negeri diantaranya:
  1. Masyarakat luar negeri sebagai konsumen dari barang atau jasa yang dihasilkan yaitu dengan mengekspor barang atau jasa tersebut ke negara mereka.
  2. Masyarakat luar negeri sebagai produsen artinya masyarakat luar negeri menghasilkan produk barang atau jasa di mana barang dan jasa tersebut dapat kita konsumsi dengan cara mengimpor nya dengan demikian, masyarakat luar negeri bertindak sebagai produsen bagi dalam negeri.
  3. Pembangunan suatu bangsa membutuhkan pelaku-pelaku yang berani menanamkan modalnya, baik penanaman langsung maupun tidak langsung. Investor-investor itu banyak berasal dari luar negeri Karena umumnya mereka banyak mempunyai dana dan lebih maju.
  4. Sumber tenaga ahli merupakan orang-orang yang ahli dalam bidangnya, yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan ekonomi titik negara maju banyak memiliki tenaga ahli yang sangat dibutuhkan negara lain titik Dengan demikian komandan negara lain dapat memenuhi kekurangan tenaga kerja di dalam negeri

Model diagram interaksi antar pelaku ekonomi atau circular flow diagram
Diagram interaksi antar pelaku ekonomi circular flow diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan hubungan timbal balik antara pelaku ekonomi berupa arus melingkar yang membentuk suatu sistem tertentu. Dalam diagram interaksi pelaku ekonomi terdapat dua model diagram perekonomian yaitu perekonomian tertutup yang terdiri dari dua sektor dan tiga sektor dan perekonomian terbuka yang terdiri dari empat sektor untuk lebih jelas bisa dijelaskan sebagai berikut:

Diagram interaksi pelaku ekonomi atau circular flow diagram pada perekonomian tertutup
1. kegiatan ekonomi dua sektor 
Dalam kegiatan ekonomi dua sektor ini yang terlibat didalamnya hanya 2 pelaku ekonomi yang pertama adalah rumah tangga konsumen dan yang kedua rumah tangga produsen atau perusahaan. dalam sektor ini kita bisa melihat hubungan interaksi atau timbal balik antara kedua pelaku ekonomi tersebut. Jika kita lihat dalam diagram interaksi circular flow diagram maka akan tampak sebagai berikut:

Bagan kegiatan ekonomi dua sektor
  1. Pada arus pertama (1) pada diagram di atas, menunjukkan bahwa rumah tangga konsumen merupakan pemilik faktor produksi oleh karena itu rumah tangga konsumen melakukan penawaran faktor produksi seperti tanah tenaga kerja modal dan sebagainya kepada rumah tangga produksi atau perusahaan sebagai modal perusahaan untuk melakukan kegiatan produksi
  2. Pada arus kedua (2) pada diagram diatas menunjukkan rumah tangga produsen atau perusahaan mengalirkan arus uang berupa sewa gaji bunga dan laba dan sebagainya kepada rumah tangga konsumen sebagai balas jasa atas penggunaan faktor produksi rumah tangga konsumen oleh rumah tangga produsen atau perusahaan
  3. Pada arus ketiga (3) menunjukkan pendapatan yang sebelumnya dimiliki rumah tangga konsumen akan mengalir kembali ke perusahaan atau rumah tangga produsen. Hal ini akan terus berlangsung selama rumah tangga konsumen memiliki pendapatan dan perusahaan masih berproduksi.
  4. Pada arus keempat (4) menunjukkan bahwa rumah tangga produsen atau perusahaan akan mengalir barang atau jasa kepada rumah tangga konsumen sebagai pemuas kebutuhannya arus barang tersebut bisa disalurkan langsung oleh produsen atau melalui perantara seperti pedagang dan sebagainya

2. Kegiatan ekonomi 3 sektor
Bila sebelumnya dalam kegiatan ekonomi 2 sektor yang terlibat hanya 2 pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi 3 sektor yang terlibat ada 3 pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen rumah tangga produsen dan rumah tangga pemerintah. Diagram interaksinya sebagai berikut:


  1. Pada arus pertama (1), menunjukkan rumah tangga konsumen membeli barang dan jasa dari perusahaan melalui pasar barang produk market Dengan begitu perusahaan akan memberikan uang dari penjualan barang dan jasa tersebut titik dalam hal ini rumah tangga berperan sebagai konsumen sedangkan perusahaan berperan sebagai penjual. Perusahaan menetapkan harga barang atau jasa berdasarkan biaya produksi sedangkan di pasar barang produk market penetapan harga barang atau jasa berdasarkan biaya produksi, sedangkan di pasar barang produk market penetapan Harga ditentukan oleh permintaan rumah tangga konsumen dan penawaran rumah tangga produsen.
  2. Arus kedua (2) menunjukkan bahwa pendapatan rumah tangga yang digunakan untuk membeli barang dan jasa dari perusahaan didapatkan dari penjualan faktor produksi yang dimilikinya kepada perusahaan di sini rumah tangga konsumen berperan sebagai penjual sedangkan produsen berperan sebagai pembeli. dengan harga faktor produksi ditentukan oleh penawaran rumah tangga konsumen dan permintaan rumah tangga produsen
  3. Arus ketiga (3) menunjukkan bahwa pemerintah menggunakan pendapatan dari hasil pajak untuk digunakan membeli barang dan jasa dari pasar faktor produksi, pasar barang dan perusahaan untuk memberikan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat banyak.
Diagram interaksi pelaku ekonomi circular flow diagram pada perekonomian terbuka 
Perekonomian terbuka merupakan gambaran nyata dari pola kegiatan ekonomi modern saat ini karena perekonomian terbuka melibatkan para pelaku ekonomi suatu negara dengan pelaku ekonomi negara lain. Dalam perekonomian terbuka terdapat empat pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen rumah tangga produsen rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri titik peranan perekonomian luar negeri sangat besar bagi perekonomian dalam negeri dalam rangka menjalin kerjasama dibidang ekonomi maupun hubungan diplomatik. Hubungan kerjasama tersebut dapat berupa perdagangan investasi dan sebagainya yang tercermin dalam kegiatan ekspor dan impor. Diagram perekonomian terbuka dapat digambarkan sebagai berikut:
Diagram interaksi antar pelaku ekonomi empat sektor
Dapat dilihat pada diagram diatas Menunjukkan bahwa diagram perekonomian terbuka memiliki empat pelaku ekonomi yaitu rumah tangga konsumen rumah tangga produsen rumah tangga pemerintah dan masyarakat luar negeri dalam perekonomian, keempat pelaku ini memiliki hubungan interaksi yang bertujuan untuk memenuhi keperluan masing-masing. Hubungan tersebut antara lain sebagai berikut.

Rumah tangga konsumen
  • Hubungan rumah tangga konsumen dengan perusahaan 
    1. Rumah tangga konsumen membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk dikonsumsi. 
    2. Rumah tangga konsumen mendapatkan penghasilan berupa gaji, sewa bunga dan sebagainya dari perusahaan atas balas jasa dari penawaran faktor produksi
  • Hubungan rumah tangga konsumen dengan pemerintah
    1. Rumah tangga konsumen berkewajiban membayar pajak kepada pemerintah.
    2. Rumah tangga konsumen menerima pendapatan berupa gaji, bunga dan sebagainya
    3. Rumah tangga konsumen mendapatkan fasilitas publik dari pemerintah sebagai buah dari pembayaran pajak
  • Hubungan rumah tangga konsumen dengan masyarakat luar negeri
    1. Rumah tangga konsumen memenuhi kebutuhan akan barang atau jasa yang tidak diproduksi di dalam negeri dengan cara mengimpor dari luar negeri
    2. Rumah tangga konsumen luar negeri mengekspor sumber daya ke luar negeri
Rumah tangga produsen
  • Hubungan rumah tangga produsen dengan rumah tangga konsumen
    1. Perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang dapat dikonsumsi oleh rumah tangga konsumen.
    2. Perusahaan memberikan sejumlah keuntungan dan penghasilan atas balas jasa berupa gaji upah sewa dan sebagainya.
  • Hubungan rumah tangga produsen dengan pemerintah
    1. Perusahaan berkewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah
    2. Perusahaan menjual hasil produksinya baik berupa barang atau jasa kepada pemerintah
  • Hubungan rumah tangga produsen dengan masyarakat luar negeri
    1. Perusahaan melakukan kegiatan ekspor dan impor barang jasa dari dan ke luar negeri.
Rumah tangga pemerintah
  • Hubungan rumah tangga pemerintah dengan rumah tangga konsumen
    1. Pemerintah mendapatkan setoran pajak dari rumah tangga konsumen yang digunakan untuk membangun kebutuhan pembangunan, operasional dan fasilitas publik dan sebagainya
  • Hubungan rumah tangga pemerintah dengan perusahaan
    1. Pemerintah menerima setoran pajak dari perusahaan
    2. Pemerintah membeli dan memakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan baik berupa barang maupun jasa
  • Hubungan rumah tangga pemerintah dengan masyarakat luar negeri
    1. Pemerintah menerima pajak dari masyarakat luar negeri.
    2. Pemerintah mendapatkan penerimaan berupa devisa dari hasil ekspor barang dan jasa.
    3. Pemerintah menetapkan kebijakan dalam ekspor dan impor
Masyarakat luar negeri
  • Hubungan masyarakat luar negeri dengan rumah tangga konsumen
    1. Masyarakat luar negeri menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga konsumen begitupun sebaliknya.
  • Hubungan masyarakat luar negeri dengan rumah tangga produsen
    1. .Masyarakat luar negeri mengekspor barang dan jasa ke perusahaan begitu juga sebaliknya.
Dengan adanya interaksi antar pelaku ekonomi, perputaran barang dan jasa uang dan faktor produksi dapat terjadi sehingga kebutuhan dari masing-masing pelaku ekonomi dapat terpenuhi.



🙏Thank you For Reading
🌺Hopefully Useful

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad