Teacher Diarys Blogger

Post Top Ad

BIDANG MANAJEMEN

Lingkup manajemen sangat luas. Hal ini kiranya yang menjadi alasan mengenai tidak adanya arti pasti tentang manajemen. Meskipun tidak ada arti pasti, tetapi tetap ada batasan yang jelas mengenai lingkup manajemen. Keluasan lingkup manajemen karena aspek perekonomian dan sosial manusia juga luas. Manajemen dibagi dalam beberapa bidang yang spesifik. Pembagian ini bertujuan agar lebih mudah dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan bidang yang dijalani. Berikut ini adalah bidang-bidang manajemen.

1. Manajemen Produksi

Manajemen produksi adalah salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Manajemen produksi adalah proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap kegiatan produksi, distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi. Manajemen produksi pada dasamya meliputi tiga kegiatan utama,
yaitu perencanaan, pengendalian, dan pengawasan produksi. Berikut penjelasan ketiga kegiatan tersebut.

a. Perencanaan

Perencanaan atau desain produksi merupakan Kegiatan untuk merancang tindakan secara sistematis, agar nantinya tercapai tujuan yang diharapkan. Ada beberapa kegiatan dalam perencanaan produksi, yaitu merencanakan jenis barang yang akan diproduksi, kualitas barang, jumlah barang yang akan diproduksi, dan bahan baku yang diperlukan dalam kegiatan produksi.

b. Pengendalian

Kegiatan pengendalian bertujuan agar tercapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Dengan kata lain diperoleh efisiensi proses dan hasil. Kegiatan yang dilakukan, antara lain menyusun perencanaan, membuat penjadwalan kerja, dan menentukan sasaran pasar.

C. Pengawasan

Kegiatan pengawasan berkaitan dengan pengendalian mutu atau quality control. Kegiatan ini bertujuan agar pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana. Kegiatan pengawasan meliputi penetapan standar mutu atau kualitas barang melalui proses quality control serta pelaksanaan produksi tepat waktu agar tidak mengecewakan pasar.


2. Manajemen Pemasaran

Pemasaran identik dengan perdagangan atau penjualan barang kepada konsumen. Adapun manajemen pemasaran dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisis situasi dan tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen pemasaran juga dapat diartikan dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen agar dapat memperluas pasar. Perluasan pasar ini akan berdampak positif bagi kemajuan suatu perusahaan atau pun industri. Fungsi pemasaran meliputi kegiatan penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, penentuan standar, pembiayaan, penanggungan risiko, pengumpulan, dan keterangan pasar. Adapun kegiatan-kegiatan dalam manajemen pemasaran sebagai berikut.

a. Perencanaan Pemasaran

Perencanaan produksi merupakan pertimbangan pertama dalam perencanaan pemasaran. Perencanaan pasar dapat menggambarkan daerah yang dilayani untuk pemasaran, daya beli masyarakat, kebutuhan masyarakat, dan tingkat hidup calon pembeli. Kegiatan ini mencakup perencanaan di bidang produksi, pasar, dan pemilihan saluran pemasaran yarng tepat dalam pendistribusian produk.

b. Pengorganisasian Pemasaran

Pengorganisasian pemasaran bertujuan untuk menciptakan dan memelihara struktur organisasi penjualan yang baik, yang harus disesuaikan dengan keadaan perusahaan.

c. Penggerakan Pemasaran

Kegiatan ini berkaitan dengan kemampuan personal atau karyawan dalam berbagai posisi untuk melakukan pekerjaannya, sebagai contoh:
  1. Seorang tenaga penjual melakukan tugasnya dengan sebaik mungkin.
  2. Seorang pemimpin mampu menjalankan kepemimpinan yang kuat dan menyenangkan.
  3. Supervisi serta pengawasan yang baik dalam kegiatan pemasaran oleh orang yang ditunjuk.
  4. Komunikasi yang selalu baik dalam kegiatan pemasaran.
d. Pengawasan pemasaran

Lingkup pengawasan pemasaran adalah pengawasan terhadap seluruh usaha-usaha pemasaran. Data-data dan informasi yang lengkap dan objektif diperlukan dalam kegiatan ini. Selain itu, pengawasan hendaklah disertai pula penilaian atas hasil-hasil yang diperoleh akibat penerapan manajemen yang efektif dan efisien di bidang pemasaran.

3. Manajemen Personalia

Manajemen personalia mengkhususkan dalam bidang personalia atau dalam kepegawaian atau sumber daya manusia, sehingga tujuan organisasi tercapai. Ruang lingkup manajemen personalia meliputi kegiatan berikut.

a. Pengadaan Pegawai (Recruitment)

Rekrutmen adalah kegiatan yang menyangkut tentang berbagai hal berkaitan dengan kepegawaian, mulai dari perencanaan, penerimaan tenaga kerja, analisis jabatan, seleksi pegawai, dan penempatan tenaga kerja.

b. Pengembangan

Pengembangan (development) adalah fungsi operasional kedua dari manajemen personalia. Pengembangan karyawan bertujuan dan bermanfaat bagi perusahaan, karyawan, konsumen, atau masyarakat yang mengonsumsi barang/jasa yang dihasilkan perusahaan. Kegiatan ini meliputi sistem pengupahan, mengadakan penilaian karyawan, mengadakan pemindahan, dan merencanakan tenaga kerja bagi karyawan. Pengembangan karyawan pada dasarnya tidak hanya untuk karyawan baru (on the job training), tetapi Juga untuk karyawan lama. On the job training biasanya untuk karyawan baru yang baru diterima bekerja pada suatu perusahaan. Mereka diberi pengembangan agar memahami, terampil, dan ahli dalam menyelesaikan pekerjaannya, sehingga para karyawan dapat bekerja efisien dan efektif pada jabatan pekerjaannya. Sementara untuk karyawan lama ditugaskan perusahaan untuk mengikuti pengembangan, seperti pada Balai Pusat Latihan Kerja. Pengembangan karena berbagai alasan, seperti tuntutan pekerjaan,jabatan, periuasan perusahaan, penggantian mesin lama dengan mesin baru, pembaruan metode kerja, serta persiapan untuk promosi karyawan lama diperlukan

C. Pemberian Kompensasi

Kompensasi merupakan balas jasa yang di berikan oleh perusahaan kepada karyawannya yang dapat dinilai dengan uang dan mempunyai kecenderungan diberikan secara tetap. Kompensasi berkaitan dengan kegiatan sIstem pengupahan.

Pengupahan harus memerhatikan beberapa hal, seperti prestasi kerja, lamanya kerja, kebutuhan kerja, dan prioritas. Kompensasi yang umum diberikan kepada pegawai adalah uang atau gaji rutin.

d. Pemutusan Hubungan Kerja

Pemutusan hubungan kerja merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. Setiap organisasi atau perusahaan bertanggung jawab untuk melaksanakan proses pemutusan hubungan kerja sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan dan menjamin bahwa warga masyarakat yang dikembalikan tu berada dalam keadaan yang sebaik mungkin.

4. Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah pengelolaan finansial atau dana perusahaan yang efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Secara umum, ada tiga fungsi utama manajemen keuangan, yaitu mendapatkan dana, mengalokasikan sumber keuangan, dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan pemantaatan keuangan. Penerapan fungsi manajemen keuangan dimaksudkan untuk:
  • Mencapal erisiensi penggunaan atau pemanfaatan keuangan
  • Meningkatkan serta memaksimalkan keuntungan (rentabilitas).
  • Menyediakan dana yang cukup untuk operasional jangka pendek dan jangka panjan9.
  • Memberikan perlindungan kepada penyelenggaraan atau pelaksanaan keuangan.
5. Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi merupakan bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan dalam bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya. Adapun kegiatan manajemen administrasi, yaitu:
  • Pengadministrasian seluruh kegiatan perusahaan atau organisasi.
  • Menginventarisasi peralatan kantor secara lengkap.
  • Penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan perusahaan atau organisasi.
  • Melakukan pengarsipan data sehingga mudah diakses kembali oleh siapa saja yang membutuhkan.
G. R. Terry mengemukakan tujuan manajemen administrasi, meliputi membantu perusahaan dalam memelihara persaingan, memberikan pekerjaan ketatausahaan yang cermat, membuat catatan dengan biaya minimal, memberikan semua keterangan lengkap yang diperlukan perusahaan secara efisien, serta memberikan catatan dan laporan yang cukup dengan biaya serendah-rendahnya.



🙏Thank you For Reading
🌺Hopefully Useful

1 komentar:

Post Top Ad