Kalian pasti pernah mendengar atau melihat tentang perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang telah maju atau berkembang, baik itu perusahaan-perusahaan yang berbentuk BUMN maupun perusahaan BUMS Perusahaan-perusahaan tersebut tidak akan berkembang tanpa adanya manajemen yang baik. Untuk menjadikan perusahaannya berkembang bahkan menjadi perusahaan besar, maka sudah pasti diperlukan adanya sikap kerja keras, disiplin, kreatif, jujur, dan keberanian dalam mengambil suatu keputusan. Sama halnya dengan belajar di sekolah, jika kita ingin menjadi siswa yang berprestasi, maka kita harus bisa mengatur waktu sebaik mungkin, karena dengan hal tersebut cita-cita kita akan tercapai. Oleh karena itu, perlulah kita mempelajari tentang manajemen. Apakah kalian tahu apa itu manajemen dan bagaimana cara penerapannya di sekolah? Untuk itu, mari Kita pelajari uraian materinya berikut ini.
Pengertian Manajemen
Arti kata manajemen dapat diartikan secara etimologi maupun terminologi. Secara etimologi kata manajemen berasal dari bahasa Prancis kun0, yaitu ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Dalam bahasa ltalia dikenal pula kata maneggiare yang berarti mengendalikan. Adapun secara Terminologi, manajemen banyak didefinisikan oleh para anli. Dengan kata lain, tidak ada arti baku mengenal manajemen. Berikut ini adalah definisi manajemen menurut para ahli, yaitu:
1. Ricky W. Griffin
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, dan pengontrol sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisasi, dan sesuai dengan jadwal.
2. GR. Terry
Menurut G. R. Terry dalam bukunya Principle of Management menjelaskan manajemen merupakan sebuah proses khas yang dilakukan untuk menentukaan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan. Poin dari apa yang diungkapkan Terry adalah manajemen sebagai proses. Proses yang dimaksud adalah proses yang khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain.
3. Malayu S.P. Hasibuan
Menurut Malayu S.P. Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.
4. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah kegiatan pengaturan yang berakhir pada satu tujuan, yaitu mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya.Secara umum, dalam ilmu manajemen dikenal istilah manajemen sebagai seni dan ilmu. Manajemen sebagai ilmu artinya manajemen memenuhi kriteria ilmu dan metode keilmuan yang menekankan pada konsep, teori, prinsip, dan teknik pengelolaan. Secara sederhana dapat dipahami bahwa manajemen sebagai seni merupakan kemahiran dan kemampuan seseorang dalam mengatur sumber daya agar tercapai tujuan yang ditetapkan. Dapat juga diartikan manajemen sebagai
seni adalah kemampuan pengelolaan sesuatu itu merupakan seni menciptakan atau kreatif. Dengan kata lain, penerapan ilmu manajemen bersifat seni.
🙏Thank you For Reading
🌺Hopefully Useful
Tidak ada komentar:
Posting Komentar